Tuesday, July 23, 2019

Bahasa Indonesia: Dua Sudut Pandang yang Digunakan pada Cerpen


Pancarona Ilmu - Sudut pandang merupakan salah satu bagian unsur intrinsik cerpen. Dimana, sudut pandang ini nantinya menjelaskan posisi pencerita yang mengisahkan cerpen tersebut.

Dalam cerpen, terdapat sudut pandang dibagi menjadi dua jenis sudut pandang. Berikut ini dijelaskan secara lengkap tentang dua jenis sudut pandang tersebut, antara lain:

1. Sudut Pandang Orang Pertama

Model sudut pandang pertama adalah sudut pandang orang pertama. Dimana, dalam cerpen ini nantinya penulis diceritakan sebagai pengganti orang pertama, yaitu "aku". Pada model ini, penulis biasanya memiliki dua peranan, yakni sebagai pemeran utama ataupun pengamat dari tokoh-tokoh lain yang diceritakan.

2. Sudut Pandang Orang Ketiga

Model sudut pandang lainnya yang biasa digunakan adalah sudut pandang orang ketiga. Model sudut pandang ini, menggunakan kata ganti "dia" untuk menunjuk para tokoh yang bermain dalam cerita.

Pada model sudut pandang orang ketiga ini, terbagi menjadi dua jenis, yakni sudut pandang orang ketiga sebagai narator serba tahu dan sudut pandang orang ketiga sebagai tokoh bawahan.

Sudut pandang orang ketiga sebagai narator serba tahu, bisa menjelaskan isi hati dan rahasia dari peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh. Sedangkan, sudut pandang orang ketiga sebagai tokoh bawahan, yang berfungsi sebagai pengamat.

Itulah jenis-jenis sudut pandang yang digunakan pada sebuah cerita pendek. Untuk mengetahui unsur intrinsik cerpen yang lain, langsung saja klik di sini.


EmoticonEmoticon