Monday, July 8, 2019

Bahasa Indonesia: Tiga Jenis Tahapan Alur pada Cerpen


Pancarona Ilmu - Alur adalah suatu rangkaian cerita yang memiliki hubungan sebab-akibat (kausalitas) hingga membentuk satu kesatuan utuh. Alur sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa ditemukan dalam cerita. Berikut ini dibahas tentang jenis-jenis alur pada cerpen, antara lain:

1. Alur Maju

Alur maju adalah model alur cerita yang dijabarkan secara kronologis dan mengikuti ketentuan waktu yang selalu bertambah. Untuk bercerita dengan alur maju, tahapan alur yang dilakukan secara konvensional. Mulai dari pengenalan -> konflik -> klimaks -> leraian -> penyelesaian.

2. Alur Mundur

Alur mundur adalah model alur cerita yang biasanya menampilkan konflik atau penyelesaian terlebih dahulu. Dimulai dari konflik atau penyelesaian, barulah anda bisa menceritakan ulang mengenai tahapan masalah yang membentuk alur. Sehingga alur pun terkesan waktunya bergerak mundur atau mengikuti ketentuan waktu yang berkurang.

3. Alur Kilas Balik (Flash Back)

Alur kilas balik adalah model alur cerita dengan penggabungan alur maju disertai kilasan-kilasan kisah yang sifatnya mengenang/mengingat. Kenangan ini pun diceritakan secara detail dan turut membangun kelengkapan cerita.

Itulah jenis-jenis alur yang digunakan saat penulisan cerita pendek (cerpen). Untuk melihat penjelasan lengkap tentang macam-macam tahapan alur pada cerpen, silahkan klik di sini.


EmoticonEmoticon