Wednesday, June 26, 2019

Bahasa Indonesia: Lima Tahapan Alur pada Cerpen


Pancarona Ilmu - Alur adalah suatu rangkaian cerita yang memiliki hubungan sebab-akibat (kausalitas) hingga membentuk satu kesatuan yang utuh. Sayangnya, sebagian orang sulit membedakan antara alur cerita dengan jalan cerita.

Secara sederhana, alur cerita adalah satu kesatuan rangkaian cerita yang memiliki hubungan sebab-akibat (kausalitas). Sedangkan, jalan cerita hanyalah rangkaian cerita yang berbentuk kronologis dari awal hingga akhir, tanpa disertai hubungan kausalitas yang kuat.

Alur sendiri memiliki beberapa tahapan, mulai dari pengenalan, konflik, komplikasi (kerumitan), klimaks, leraian, hingga berakhir pada penyelesaian. Berikut ini dijelaskan masing-masing tahapan alur, antara lain:

1. Pengenalan

Pada tahap pengenalan, pembaca akan dikenalkan tentang tokoh, penokohan, hingga latar dari sebuah cerita pendek (cerpen).

2. Konflik

Setelah tahap pengenalan, pembaca akan dihadapkan pada bagian cerita yang menampilkan masalah utama dari sebuah cerita. Masalah ini bisa menyangkut persoalan dalam diri sang tokoh, perselisihan dengan tokoh lain, ataupun persoalan antara satu tokoh dan lingkungannya. Pada cerpen, biasanya hanya terdapat satu konflik yang dipaparkan.

3. Klimaks

Klimaks adalah saat dimana masalah sudah mencapai puncaknya. Di tahapan ini, pembaca akan bisa mendapatkan puncak ketegangan dari persoalan yang diusung oleh pengarang.

4. Leraian

Setelah mencapai klimaks, persoalan akan menemui titik balik yang cenderung menurun. Tingkat ketegangan pun mulai berkurang karena masalah sedang menuju pada tahap akhir. Tahap ini biasanya disebut tahap leraian.

5. Penyelesaian

Tahap akhir dari sebuah cerpen, disebut sebagai penyelesaian. Pada tahap ini, semua masalah diuraikan dan didapati solusinya. Namun, ada pula cerpen yang membuat penyelesaiannya secara terbuka sehingga bagian solusi tidak diceritakan.

Itulah macam-macam tahapan alur pada cerita pendek (cerpen). Untuk melihat penjelasan jenis-jenis alur yang sering digunakan pada cerpen, silahkan klik di sini.


EmoticonEmoticon