Tuesday, January 29, 2019

Bahasa Indonesia: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Buku


Pancarona Ilmu - Dalam setiap tulisan yang dibuat, sebaiknya anda mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan. Agar tidak dicap sebagai plagiat dan melanggar hak cipta.

Dalam dunia sekolah pun, baik saat menulis makalah, jurnal, ataupun karya tulis ilmiah, anda perlu menuliskan sumber asli referensi dengan baik dan benar. Sumber asli referensi ini ditulis dalam bentuk daftar pustaka di akhir tulisan.

Walaupun terkesan mudah, nyatanya masih banyak orang yang kesulitan dalam menulis daftar pustaka yang benar. Hal yang perlu anda perhatikan saat penulisan daftar pustaka ini adalah tanda baca dan penulisan referensinya.

Sebenarnya penulisan daftar pustaka ada beberapa macam, dibagi berdasarkan jenis sumber yang digunakan. Pada kesempatan ini, dijelaskan penulisan daftar pustaka dari sumber buku, sebagai berikut:

1. Nama

Nama penulis ditulis pada urutan paling awal. Cara menuliskannya, nama belakang penulis dicantumkan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tanda koma (,) setelah itu dicantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut.

Jika buku yang digunakan, merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya, dengan urutan yang sesuai nama aslinya. Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu anda dituliskan. Kemudian, akhiri dengan tanda titik (.).

2. Tahun Terbit

Setelah nama, cantumkan terlebih dahulu tahun terbit buku yang anda gunakan sebagai referensi. Jangan sampai terkecoh pada angka tahun cetakan awal, sebab bisa saja buku yang anda gunakan merupakan cetakan kedua, ketiga, ataupun terakhir. Lalu, akhiri dengan tanda titik (.).

3. Judul Buku

Setelah nama dan tahun terbit, barulah dituliskan judul lengkap buku. Dalam penulisan judul ini, gunakan penulisan judul dengan italic (miring) atau dengan underline (diberikan garis bawah). Kemudian, akhiri dengan tanda titik (.).

4. Kota dan Nama Penerbit

Urutan terakhir dalam penulisan daftar pustaka dari buku adalah kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, setelah itu diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:). Setelah menulis nama penerbit, akhiri dengan tanda titik (.).


Contoh Data Buku:

Judul : Pengantar Ilmu Kimia Dasar
Penulis : Muhammad K. Anwar
Penerbit : Pancarona Media Publishing
Kota Penerbit : Surabaya
Tahun Terbit : 2019


Cara Penulisan Daftar Pustaka:

Anwar, Muhammad K. 2019. Pengantar Ilmu Kimia Dasar. Surabaya: Pancarona Media Publishing.


EmoticonEmoticon