Monday, May 20, 2019

Resep Minuman: Es Pisang Ijo


Pancarona Ilmu - Es pisang ijo adalah salah satu minuman khas Makassar. Minuman ini diberi nama pisang hijau karena terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau alami dari campuran daun pandan dan daun suji. Tambahan sirup berwarna merah dan bubur sumsum yang sangat lembut dalam minuman ini, menjadikan minuman ini terasa manis dan sangat segar.


Bahan Pisang Ijo

1.) 6 buah pisang raja, dikukus
2.) 60 gram tepung terigu
3.) 60 gram tepung beras
4.) 5 sendok makan gula pasir
5.) 150 mL santan
6.) 100 mL air matang
7.) 4 tetes pasta pandan
8.) 1/4 sendok teh garam


Bahan Saus

1.) 600 mL santan
2.) 40 gram tepung beras
3.) 4 sendok makan gula pasir
4.) 1/4 sendok teh garam
5.) Daun pandan secukupnya (opsional)


Bahan Pelengkap

1.) Susu kental manis secukupnya
2.) Sirup DHT (pisang ambon) secukupnya
3.) Es batu secukupnya


Cara Membuat Pisang Ijo

1.) Pertama, campurkan semua bahan pisang ijo dalam satu wadah kecuali pisang rajanya. Kemudian, aduk rata menggunakan whisk hingga rata, lalu saring. Setelah itu, tuang adonan dalam loyang atau wadah tahan panas lainnya.
2.) Kemudian, panaskan panci kukusan/dandang. Kukus adonan selama 15 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan loyang dan biarkan dingin, lalu tunggu hingga tidak beruap lagi.
3.) Setelah cukup dingin, keluarkan adonan dari loyang, lalu uleni hingga kalis. Lalu, bagi adonan jadi 6 bagian kemudian masing-masing pipihkan.
4.) Kemudian, taruh pisang di atas adonan pipih. Gulung kemudian rapatkan kedua ujungnya. Ulangi langkah ini hingga adonan habis.
5.) Lalu, panaskan kembali panci kukusan/dandang. Setelah itu, lapisi dasarnya dengan daun pisang atau plastik tahan panas. Kukus pisang ijo tadi selama 10-15 menit. Kemudian, angkat dan dinginkan.


Cara Membuat Saus Pisang Ijo

1.) Pertama, larutkan 200 mL santan dengan tepung beras dalam wadah. Lalu aduk hingga rata.
2.) Kemudian, masak sisa santan bersama gula, garam, dan daun pandan dalam panci hingga mendidih. Sambil dimasak, aduk perlahan santan tadi.
3.) Lalu, tuangkan larutan santan-tepung beras, kemudian aduk terus dan masak hingga mengental serta meletup-letup. Terakhir, matikan api.


Cara Membuat Es Pisang Ijo

1.) Pertama, potong-potong pisang ijo yang telah dibuat tadi. Lalu, tata dalam mangkuk saji.
2.) Setelah itu, siram pisang ijo tadi dengan saus. Kemudian, beri es batu, susu kental manis, dan sirup.
3.) Es pisang ijo pun siap untuk disajikan.


Catatan:
a.) Saat menggulung/membentuk pisang ijo, sebaiknya gunakan daun pisang atau plastik bening agar lebih lebih mudah dibentuk.
b.) Jika tidak menggunakan pasta pandan, anda bisa menggantinya dengan sari daun pandan alami.
c.) Jika anda tidak menemukan sirup DHT atau sirup pisang ambon, anda bisa menggantikannya dengan sirup cocopandan atau sirup merah.
d.) Resep es pisang ijo sebagaimana di atas, cukup untuk dibuat sekitar 6 porsi saja.


EmoticonEmoticon