Saturday, February 9, 2019

Bahasa Indonesia: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, ataupun Majalah


Pancarona Ilmu - Dalam setiap tulisan yang dibuat, sebaiknya anda mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan. Agar tidak dicap sebagai plagiat dan melanggar hak cipta.

Dalam dunia sekolah pun, baik saat menulis makalah, jurnal, ataupun karya tulis ilmiah, anda perlu menuliskan sumber asli referensi dengan baik dan benar. Sumber asli referensi ini ditulis dalam bentuk daftar pustaka di akhir tulisan.

Walaupun terkesan mudah, nyatanya masih banyak orang yang kesulitan dalam menulis daftar pustaka yang benar. Hal yang perlu anda perhatikan saat penulisan daftar pustaka ini adalah tanda baca dan penulisan referensinya.

Sebenarnya penulisan daftar pustaka ada beberapa macam, dibagi berdasarkan jenis sumber yang digunakan. Pada kesempatan ini, dijelaskan penulisan daftar pustaka dari artikel dalam jurnal, koran, ataupun majalah, sebagai berikut:

1. Nama

Dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari artikel dalam jurnal, koran, ataupun majalah, nama penulis harus ditulis terlebih dahulu. Pastikan nama yang ditulis adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, ataupun majalah yang menjadi sumber referensi anda.

2. Judul

Setelah nama, tuliskan judul artikel yang anda jadikan sumber referensi. Penulisan judul artikel tidak dalam format italic, melainkan tegak lurus, dengan tambahan pemberian tanda kutip (") pembuka dan penutup.

Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal ataupun majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran, baru dicetak miring atau dalam format italic. Setelah itu, baru ikutkan dengan halaman berapa artikel tersebut dimuat, kemudian ditulis dalam tanda kurung [(...)].


Contoh Data Artikel:

Judul Jurnal : Simran Sastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 2
Judul Artikel: Bahasa Indonesia dalam Iklan di Ruang Publik Kota Surabaya
Penulis: Muhammad Anwar
Penerbit: Kantor Bahasa Provinsi Jawa Timur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kota Terbit: Surabaya
Tahun Terbit: 2017


Cara Penulisan Daftar Pustaka:

Anwar, Muhammad. 2017. "Bahasa Indonesia dalam Iklan di Ruang Publik Kota Surabaya" dalam Simran Sastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 2(hlm. 101-110). Surabaya: Kantor Bahasa Provinsi Jawa Timur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


EmoticonEmoticon