Monday, May 20, 2019

Resep Minuman: Es Selendang Mayang


Pancarona Ilmu - Es selendang mayang adalah minuman yang unik sebab memadukan kue kenyal berwarna-warni dari tepung hunkwe dengan kuah santan dan saus gula. Untuk rasa, dijamin minuman ini manis dan sedikit gurih. Minuman khas Betawi ini sangat menyegarkan dan juga bisa mengurangi rasa lapar.


Bahan Selendang Mayang

1.) 100 gram tepung sagu tani
2.) 100 gram tepung hunkwe
3.) 1 liter air


Bahan Saus Gula

1.) 200 mL air
2.) 200 gram gula merah
3.) 1 lembar daun pandan


Bahan Kuah Santan

1.) 500 mL santan
2.) 1 sendok teh garam
3.) 1 lembar daun pandan


Bahan Pelengkap

1.) Pewarna makanan hijau secukupnya
2.) Perwarna makanan merah secukupnya
3.) Es batu secukupnya


Cara Membuat Es Selendang Mayang

1.) Pertama, siapkan loyang dan alasi permukaannya dengan plastik. Lalu, sisihkan.
2.) Setelah itu, campur semua bahan selendang mayang dalam wadah. Kemudian, aduk semua bahan tadi hingga rata. Lalu, bagi adonan jadi 3 bagian lalu beri satu bagian pewarna hijau, beri satu bagian pewarna merah, dan biarkan satu bagiannya tetap berwarna putih.
3.) Kemudian, masak adonan warna merah dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Lalu, tuang ke dalam loyang dan sisihkan.
4.) Setelah selesai, masak adonan warna putih dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Lalu, tuang ke dalam loyang di atas adonan merah. Kemudian, sisihkan.
3.) Setelah selesai, masak adonan warna hijau dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Tuang adonan ke dalam loyang di atas adonan putih. Lalu, sisihkan dan biarkan mengeras.
4.) Setelah itu, campur semua bahan saus gula dalam panci. Kemudian, masak hingga mendidih dan gula larut. Setelah selesai, angkat dan sisihkan.
5.) Untuk pembuatan santan, campur semua bahan kuah santan dalam panci. Kemudian, masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Lalu, angkat dan sisihkan.
6.) Setelah selesai, keluarkan selendang mayang dari loyang dan potong-potong kotak sesuai selera.
7.) Terakhir, tata selendang mayang dalam gelas saji. Kemudian, tuang kuah santan dan saus gula. Lalu, beri es batu. Es selendang mayang pun siap untuk disajikan.


Catatan:
a.) Alasi loyang dengan plastik agar selendang mayang tidak lengket dan memudahkan anda saat ingin mengeluarkannya.
b.) Resep es selendang mayang sebagaimana di atas, cukup untuk dibuatkan 4 porsi saja.


EmoticonEmoticon