Monday, May 20, 2019

Bahasa Indonesia: Unsur Fisik sebagai Unsur Intrinsik pada Puisi


Pancarona Ilmu - Dalam sebuah puisi secara umum, terdapat dua macam unsur intrinsik, yakni unsur batin dan unsur fisik. Dalam postingan ini, akan dijelaskan lebih lengkap tentang unsur fisik sebagai unsur intrinsik puisi.

Unsur fisik ini merupakan unsur pembangun puisi secara struktur. Dalam unsur fisik ini, dapat anda temukan ciri khas sebuah puisi dibandingkan karya sastra lain berupa prosa. Unsur fisik ini terbagi dalam beberapa bagian, antara lain:

1. Diksi

Hal yang membedakan antara puisi dengan karya sastra lain adalah kata-katanya yang tidak umum. Pemilihan kata-kata pada puisi ini termasuk dalam unsur intrinsik puisi berupa unsur fisik yang dikenal sebagai diksi.

2. Gaya Bahasa

Tidak hanya pemilihan kata-kata, sebuah puisi juga identik dengan rangkaian kata yang bersifat konotatif, berlebihan, ataupun terkesan merendahkan diri. Rangkaian kafa inilah yang disebut sebagai gaya bahasa dalam puisi. Setiap penulis puisi cenderung memiliki gaya bahasanya sendiri. Hal yang paling mudah dilihat dari gaya bahasa ini adalah majas-majas yang digunakan, seperti personifikasi, metafora, eufemisme, bahkan tidak jarang pula penggunaan majas ironi.

3. Rima

Keunikan lainnya dalam puisi adalah adanya kesamaan nada di beberapa bagian baris ataupun larik. Kesamaan nada atau bunyi ini, sering disebut dengan istilah rima. Rima biasanya dijumpai tidak hanya di akhir tiap larik ataupun baris, namun dapat juga berada di antara tiap kata dalam baris. Rima yang kuat biasanya dijumpai pada jenis-jenis puisi lama ataupun klasik. Sementara itu, puisi modern biasanya sudah tidak terlalu bermain rima.

4. Tipografi

Puisi tidak hanya bermain di kata-kata saja, melainkan juga di bentuknya. Hal inilah yang dimaksud dengan tipografi, yakni bentuk puisi secara kasat mata. Secara umum, mungkin teman-teman menemukan puisi dalam bentuk baris, namun ada juga puisi yang disusun dalam bentuk fragmen-fragmen bahkan dalam bentuk yang menyerupai apel, zigzag, ataupun model-model lainnya.


EmoticonEmoticon