Thursday, May 30, 2019

Resep Jajanan: Misro


Pancarona Ilmu - Misro adalah salah satu jajanan khas Jawa Barat, yang terbuat dari singkong parut dengan isian gula merah yang diiris halus dan kemudian digoreng hingga jadi renyah. Kata misro sebenarnya merupakan kependekan dari "amis di jero" (bahasa Sunda), yang berarti manis di dalam. Amis sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti manis. Misro paling nikmat jika disajikan dalam keadaan masih hangat. Sangat pas sebagai teman ngopi atau ngeteh anda.


Bahan-Bahan Misro

1.) 500 gram singkong, diparut
2.) 150 gram kelapa parut
3.) 1/2 sendok teh garam
4.) Minyak secukupnya untuk menggoreng
5.) Sebagai isian, dibutuhkan 150 gram gula merah, yang diiris halus


Cara Membuat Misro

1.) Pertama, campur singkong parut, kelapa parut, dan garam dalam sebuah wadah. Lalu, aduk semua bahan tadi hingga rata.
2.) Setelah itu, panaskan banyak minyak goreng dalam wajan. Kemudian, sisihkan.
3.) Lalu, ambil sedikit adonan dan pipihkan di telapak tangan. Kemudian, beri isian adonan tadi dengan gula merah di tengahnya. Setelah selesai, tutup rapat dan padatkan hingga membentuk bulatan. Lakukan hal ini hingga semua adonan habis.
4.) Setelah itu, goreng misro ke dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Kemudian, angkat dan tiriskan.
5.) Terakhir, sajikan misro yang telah matang tadi sesuai selera anda.


Catatan:
a.) Goreng misro dalam minyak yang sudah benar-benar panas dan pastikan semua bagiannya terendam minyak agar matangnya merata.
b.) Resep misro sebagaimana di atas, hanya cukup untuk dibuatkan 5 porsi saja.


EmoticonEmoticon