Wednesday, February 13, 2019

Bahasa Indonesia: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Artikel dalam Internet


Pancarona Ilmu - Dalam setiap tulisan yang dibuat, sebaiknya anda mencantumkan sumber asli dari bahan tulisan. Agar tidak dicap sebagai plagiat dan melanggar hak cipta.

Dalam dunia sekolah pun, baik saat menulis makalah, jurnal, ataupun karya tulis ilmiah, anda perlu menuliskan sumber asli referensi dengan baik dan benar. Sumber asli referensi ini ditulis dalam bentuk daftar pustaka di akhir tulisan.

Walaupun terkesan mudah, nyatanya masih banyak orang yang kesulitan dalam menulis daftar pustaka yang benar. Hal yang perlu anda perhatikan saat penulisan daftar pustaka ini adalah tanda baca dan penulisan referensinya.

Sebenarnya penulisan daftar pustaka ada beberapa macam, dibagi berdasarkan jenis sumber yang digunakan. Pada kesempatan ini, dijelaskan penulisan daftar pustaka dari artikel dalam internet. Untuk penulisan daftar pustaka dari internet seperti ini, urutannya adalah sebagai berikut:

1. Nama

Cara penulisan nama untuk artikel dalam internet, tidaklah berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak.

2. Tahun Penayangan

Setelah nama, baru dituliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

3. Judul Artikel

Setelah tahun penayangan, judul artikel dalam internet tidak ditulis secara italic. Melainkan, judul harus ditulis dengan diapit tanda kutip (").

4. URL

Saat penulisan daftar pustaka dari artikel internet, jangan lupa anda menyalin alamat URL dari artikel tersebut. Hal ini dilakukan agar URL artikel tadi bisa diakses jika ingin membuktikan kesahihannya.

5. Waktu Pengambilan

Di bagian akhir, cantumkan waktu pengambilan artikel dalam internet itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat anda mengunduh ataupun menjadikannya referensi.


Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) hanya digunakan sebagai batas untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. Sementara itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).


Contoh Data Artikel dari Internet:

Judul : Inilah Dampak Penggunaan CFC
Penulis : Muhammad Khayrul Anwar
Tanggal Tayang : 8 Februari 2017
Waktu Akses : 10 Februari 2019, pukul 22.27
URL : http://pancaronailmu.com/read/080217/inilah-dampak-penggunaan-cfc


Cara Penulisan Daftar Pustaka:

Anwar, Muhammad Khayrul. 2017. "Inilah Dampak Penggunaan CFC", http://pancaronailmu.com/read/080217/inilah-dampak-penggunaan-cfc, diakses pada 10 Februari 2019 pukul 22.27.


EmoticonEmoticon