Monday, July 1, 2019

Resep Roti: Roti Goreng Ayam Jamur


Pancarona Ilmu - Roti biasanya identik dengan varian isi yang manis. Namun, tahukah anda bahwa roti ternyata juga bisa diisi dengan ayam jamur? Tak hanya itu, roti ini juga bisa diisi dengan sayuran atau sedikit rasa pedas. Dijamin nikmat, apalagi jika disantap bersama teman atau keluarga anda. Berikut ini dijelaskan tentang resep membuat roti goreng ayam jamur.


Bahan Roti

1.) 320 gram tepung terigu protein tinggi
2.) 1 1/2 sendok teh ragi instan
3.) 15 gram susu bubuk
4.) 1/2 sendok teh baking powder
5.) 30 gram gula pasir
6.) 1 butir telur
7.) 1 buah kuning telur
8.) 125 mL air es
9.) 50 gram margarin
10.) 1 sendok teh garam


Bahan Isian

1.) 200 gram ayam, digiling
2.) 10 buah jamur, dipotong dadu
3.) 2 siung bawang putih, dicincang
4.) 1/4 buah bawang bombai, dicincang
5.) 2 sendok makan saus tiram
6.) 1 sendok makan minyak wijen
7.) 1 sendok teh kecap asin
8.) garam dan merica bubuk secukupnya


Cara Membuat Roti Goreng Ayam Jamur

1.) Untuk isian, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Kemudian, masukkan ayam giling dan jamur. Lalu, masak hingga berubah warna. Tambahkan pula saus tiram, minyak wijen, kecap asin, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga rata. Setelah itu, masak hingga bumbu menyerap, lalu angkat dan sisihkan.
2.) Setelah selesai, campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, baking powder, dan gula pasir, aduk hingga rata. Kemudian, masukkan telur, kuning telur, dan air es sedikit-sedikit sambil uleni hingga kalis. Lalu, tambahkan margarin dan garam, uleni hingga kalis dan diamkan hingga 20 menit.
3.) Selanjutnya, potong dan timbang adonan masing-masing seberat 30 gram, bentuk bulat dan diamkan 10 menit. Kemudian, pipihkan adonan dan beri isi, lalu bentuk hingga lonjong. Lakukan cara ini hingga adonan habis dan diamkan hingga 30 menit.
4.) Setelah itu, goreng roti dalam minyak banyak dan panas dengan api sedang, hingga kecoklatan. Lalu, angkat roti setelah matang.
5.) Terakhir, sajikan roti goreng ayam jamur ini sesuai selera anda.


Catatan:
Resep roti goreng ayam jamur sebagaimana di atas, hanya bisa dibuat sekitar 12 porsi saja.


EmoticonEmoticon